Gagal Jantung Bisa Menyerang Usia Muda, Berikut Penjelasannya

Gagal Jantung Bisa Menyerang Usia Muda, Berikut Penjelasannya



Gagal Jantung Bisa Menyerang Usia Muda, Berikut Penjelasannya

Pesinetron muda Hanna Kirana (23) dikabarkan meninggal dunia Selasa (2/11/2021) malam gara-gara gagal jantung. Memang, gagal jantung sanggup dialami siapa saja, kali ini Yolomite akan bahas apa yang terjadi dengan artis muda tersebut. Gagal jantung adalah keadaan ketika otot jantung tidak sanggup memompa darah ke semua tubuh sebagaimana mestinya atau layaknya keadaan normal. Jantung mempunyai ukuran sebesar 2 kepalan tangan, berdetak sebanyak 100.000 kali per menit dan 35.000.000 kali didalam setahun.

Setiap menitnya, jantung sanggup memompa darah 5-6 liter, dan memompa darah 7.500 liter per hari. Kondisi gagal jantung umumnya berjalan gara-gara jantung jadi terlalu lemah atau kaku. Dilansir NHS, walau gagal jantung berarti jantung terlalu lemah atau kaku, namun bukan berarti jantung tidak bekerja. Gagal jantung atau kadang kala disebut juga gagal jantung kongestif cuma butuh beberapa pertolongan untuk membantunya bekerja lebih baik.

Dijelaskan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Habibie Arifianto, Sp.JP., M.Kes., FIHA, siapa pun sanggup mengalami gagal jantung, juga orang muda. Habibie menyampaikan, siapa pun yang mempunyai riwayat jantung sebelumnya, entah itu penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung reumatik, atau lebih-lebih pasien yang mempunyai aspek risiko layaknya hipertensi dan diabetes, sanggup berujung ke gagal jantung.

Penyebab Terjadinya Gagal Jantung Saat Usia Muda

Hanna Kirana Meninggal, Gagal Jantung Bisa Menyerang Usia Muda

“Pada dasarnya, semua umur sanggup mengalami gagal jantung, juga orang muda,” kata Habibie, Rabu (3/11/2021). Menurut Dokter dari Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret di Sukoharjo ini, orang muda yang mengidap gagal jantung umumnya udah mempunyai penyakit jantung bawaan atau terinfeksi penyakit jantung reumatik.

Prevalensi penyakit jantung reumatik memang tidak sebanyak penyakit jantung koroner, para pakar juga menyarankan untuk meredakan emosi dengan bermain game salah satunya jackpot pragmatic slot. Namun, anak-anak hingga orang dewasa sanggup diserang penyakit jantung rematik yang serius. Dikatakan Habibie, penyakit jantung reumatik ini sanggup memicu kerusakan pada katup jantung layaknya memicu katup jantung mampet atau bocor. Hal inilah yang pada kelanjutannya sanggup memicu terjadinya gagal jantung.

Dilihat dari demografinya, masalah gagal jantung umur muda (di bawah 40 tahun) di Asia Tenggara jauh lebih banyak dialami pria dibanding wanita. Kasus ini pun lebih besar dibanding kawasan Asia lainnya. “Karena memang angka merokok dan diabetesnya yang masih tinggi di Asia Tenggara,” kata dia. Kendati demikian, perempuan di umur muda juga sanggup tetap berisiko mengalami gagal jantung kalau mempunyai penyakit jantung bawaan atau penyakit jantung reumatik layaknya disebutkan di atas.

“Kalau wanita untuk gagal jantung memang lebih rendah. Biasanya wanita sehabis mengalami menopause baru berisiko mengalami jantung koroner dan kelanjutannya berujung pada gagal jantung. Namun kalau udah ada kelainan jantung bawaan atau penyakit jantung reumatik, baru sanggup berpotensi mengalami gagal jantung di umur muda.” mengerti Habibie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *